Monday, September 05, 2005

@ 009 : Amerikanisasi (Globalisasi)

Amerikanisasi (globalisasi) memang sangat kuat sekali pengaruhnya terhadap perubahan atau kehidupan di negeri ini. Hal ini dapat kita lihat mulai dari politik, ekonomi, budaya dan lain sebagainya. Contoh yang paling gampang dapat kita lihat pada budaya remaja jaman sekarang, dengan kostum udelnya ;p.

Perubahan pasti datang, kenapa ? karena dalam perubahan ada sejumlah harapan. Manusia yang tidak berubah akan ditinggalkan oleh jamannya.

Persoalannya adalah bagaimana kita menyikapi perubahan itu ? Dalam perubahan ada faktor yang cukup kuat yang mempengaruhi perubahan itu. Diantaranya adalah informasi. Informasi harus kita imbangi dengan kebijaksanaan sebab tanpa itu kita akan mudah terbawa ke dalam arus provokasi yang menjurus ke arah kekerasan (radikalisme).

Sweeping warga amerika, bakar perusahaan amerika, "bersihkan" antek amerika dsb. Kalau sudah begini siapa yang akan dirugikan, tentu kita sendiri bukan (dalam arti negara) ?

Menyinggung kebijaksanaan tentu tak lepas dari moral, moral mengandung kadar iman dan taqwa di dalamnya. Agar tidak tergilas oleh mesin perubahan, kita harus meningkatkan kadar iman dan taqwa kita disamping ilmu pengetahuan tentu saja. Sebab iman dan taqwa kita lah yang akan membentengi diri dari belenggu negatif perubahan itu sendiri.

--= sudah sejuah manakah kadar iman dan taqwa kita ? =--

(c) dps

No comments: