Sunday, March 05, 2006

@ 015 : Bekerja dan Mengabdi

Bekerja dan mengabdi adalah dua hal yang bisa dikatakan beda. Bekerja biasanya motivasinya adalah uang, sedangkan mengabdi adalah bekerja yang motivasinya bukan uang.

Di Jogja banyak orang mau mengabdi kepada keraton dengan gaji 30 ribu satu bulan. Mereka menemukan ketenangan batin tanpa harta yang berlimpah dengan menjadi abdi dalem. Hal ini dapat kita lihat dari konsistensinya mengabdi selama 20 sampai 30 tahun, bahkan lebih.

Menjadi guru bagiku adalah suatu pengabdian, ada kebahagiaan dan kesenangan tersendiri meski materi tak seberapa kudapat. Melihat murid dan menjelaskan sesuatu di depannya, membuat mereka bingung sekaligus mengerti, berusaha membantunya menjadi orang yang sukses jasmani dan rohani menimbulkan rasa bangga dan senang dalam hati ini.

Bertahan dalam gempuran kaum materialistis memang tidak mudah. Industrialisasi telah memaksa orang berprilaku konsumtif. Tak sedikit mereka mengorbankan harga dirinya demi sesuatu yang disebut materi. Padahal nilai sejati manusia itu terletak pada akal yang tercermin dari moral bukan materi.

Di sinilah sebenarnya kita bisa belajar bahwa kebahagiaan dan ketenangan hidup itu tidak selalu terukur dari materi bukan.


--= belajarlah mengabdi =--

(c) dps

No comments: