Tuesday, December 05, 2006

@ 026 : Sekolah <> Cari Uang

Paradigma kita tentang pendidikan harus diubah, tujuan sekolah itu untuk menuntut ilmu bukan mencari uang. Perkara dengan ilmu tadi kita bisa mencari uang itu soal lain.

Tak bisa dipungkiri memang masih banyak sekolah yang diproyeksikan untuk kebutuhan industri. Dengan bersekolah manusia dicetak menjadi mesin produksi, pesanan sebuah perusahaan. Anda tentu masih ingat dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bukan, itu adalah salah satu contohnya. Contoh lain adalah adanya beasiswa perusahaan dan minat calon siswa yang memilih sekolah A karena pengen bekerja pada perusahaan B.

Selain itu, tidak hanya cara belajar kita yang merupakan pesanan industri, dunia pendidikan-pun dewasa ini juga sudah menjadi sebuah industri. Wacana swastanisasi perguruan tinggi adalah fenomena nyata yang bisa kita tangkap. Sekolah berbiaya mahal adalah kabar lumrah yang sering memerahkan telinga.

Dari sisi lain lembaga pendidikan dijadikan tempat indoktrinasi. Akibatnya terjadilah dehumanisasi terhadap manusia itu sendiri. Disini jelas, esensi pendidikan tidak tercapai, slogan mencerdaskan dan mencerahkan serasa sangat jauh tapi itulah problematika dunia pendidikan kita, yang perlu dibenahi.

1. Apa memang benar, orang yang sudah S1 itu pola pikirnya jauh lebih bagus ketimbang STM ya?
Menurut mas TCO pola pikir anak lulusan SMP dengan STM itu lebih bagus mana? Pola pikir seseorang memang tidak ditentukan apakah dia S1, D3, STM, atau SD. Tapi dari kemauannya yang kuat untuk menuntut ilmu. Menuntut ilmu itu salah satu jalannya adalah dengan sekolah. Jadi dengan sekolah setinggi mungkin diharapkan kemampuan normatif, kognitif, afektif dan psikomotorik anda berkembang.

2. Apa memang benar, orang yang sudah S1 itu jauh lebih pinter dari STM ya?
Bisa ya bisa tidak, sangat bergantung kepada si S1 dan si STM itu sendiri. Jawabannya ada di no 1.

3. Apa memang benar, orang yang sudah S1 itu lebih bisa menguasai bahasa asing ketimbang STM ya?
Jawaban sama dengan pertanyaan ke-2.

4. Apa memang benar, orang yang sudah S1 itu jauh lebih dewasa dari pada STM ya?
Jawaban sama dengan pertanyaan ke-3

Manusia yang mepunyai modal kecerdasan bagus sangat disayangkan jika tidak digunakan dengan maksimal. Ibarat Komputer, Prosessor yang cepat, Harddisk yang besar, Memori yang gede kan sayang jika hanya digunakan untuk aplikasi Ms Office saja. Dari sini saya hanya ingin mengatakan bahwa sekolah (menuntut ilmu) itu penting dari buaian sampai liang lahat.

(c) dps ~
Palmerah
Jakarta, 17 November 2006 - 16:00

No comments: